Selasa, 20 Januari 2009

pidato b.indo

bingung mau nulis apa hehe :)
pidato b. indo aja deh...

PENTINGNYA MENCUCI TANGAN



Assalamualaikum wr.wb

Salam sejahtera, semoga rahmat tuhan yang maha esa senantiasa terlimpah kepada kita di siang ini.

Yang terhormat ibu Lita Lestari selaku guru bahasa Indonesia.
Dan teman-teman saya yang saya banggakan.

Sebelumnya saya berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan sehingga saya bisa berbicara disini. Teman-teman seperti yang kita ketahui sekarang zaman sudah semakin maju banyak dampak positif yang dapat kita ambil dari kemajuan zaman saat ini namun ada beberapa hal yang menjadi dampak buruk akibat kemajuan zaman ini salah satunya adalah kurang diperhatikanya hal-hal kecil seputar kesehatan seperti mencuci tangan, untuk itulah saya akan membawakan pidato tentang pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan kita.

Mencuci tangan adalah cara paling baik untuk menghentikan penyebaran kuman. Setiap harinya, pasti tangan kita menyentuh banyak benda seperti pensil, kursi, piring, telepon, sampai toilet yang mungkin sudah terkontaminasi kuman. Alhasil, pada tangan kita terkumpul banyak kuman yang diperoleh dari benda-benda yang disentuh sepanjang hari.Tanpa mencuci tangan, kuman yang menempel di tangan kita kemudian bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang disentuh tangan. Tidak hanya itu, Anda dapat menyebarkan kuman ke orang lain dengan menyentuh mereka atau dengan menyentuh benda yang mereka sentuh juga seperti pegangan pintu.

Sebenarnya mencuci tangan itu mudah dan cepat. Hanya saja, orang cenderung terburu-buru dan tidak biasa mencuci tangan sebelum makan. Coba bayangkan keuntungan dengan menjadikan mencuci tangan suatu kebiasaan. Sehat ada di tangan kita.

Kita semua tahu kalau menjaga kebersihan dengan mencuci tangan memang tidak bisa dilakukan setiap saat namun ada baiknya kalau teman-teman mencuci tangan semisalnya : sebelum dan sesudah makan,setelah menyentuh hewan atau kotoranya,setelah memegang sampah,setelah memegang hidung,dan setelah bersin dan batuk ke tangan.

Mencuci tangan juga sangat penting ditilik dari penelitian badan kesehatan terbesar di dunua yaitu WHO atau world health organization yang melakukan penelitian bahwa hanya dengan membiasakan mencuci tangan kita bisa mengurangi resiko diare sampai 45 %.
Dari uraian yang saya sampaikan dapat kita simpulkan bahwa mencuci tangan adalah hal kecil yang ternyata sangat bermanfaat apabila kita lakukan secara rutin. Harapan saya adalah agar teman-teman bisa mempraktikkan hal ini dengan rutin sehingga kehidupan kita akan jauh lebih sehat lagi. Sekian yang dapat saya sampaikan bila ada salah mohon dimaafkan. Terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar: